Kamu
suka mengotak-atik motor…????
Ada tips nih buat bantu kamu agar motor kamu bisa lebih
kencang sekaligus dengan cara perawatannya. Selamat mencoba yah
Tune
Up Mesin Fiz agar motor lebih kencang
1.
Piston dibesarkan menjadi over size 100, lalu tutup
silinder kop dibubut Atau ditipiskan
5mm.
2.
Lalu
lubang
pembuangan pada knalpot dikikir, dibesarkan lubangnya. Lubang
pembuangan pada blok juga di besarkan, magnet ditipiskan dibubut hingga 1 atau
2 mm.
3.
Membran
yang sudah lama diganti saja dengan membran Racing, lalu kampas
kopling pakailah kampas standart, per kopling pakai per kopling milik motor
smash, bubut rumah kopling agar per kopling bisa masuk.
4.
Agar
pembangunan pada knalpot lebih lancar harus dibedel. Leher knalpot di potong 8
cm agar tabung knalpot lebih maju.
5.
Lalu
sarangan knalpot pada silencer dibesarkan dan ujung sarang di ganti dengan pipa
yang lebih besar.
6.
Setting
Carburator,
spuyer angin dan spuyer bensin ganti dengan yang lebih besar.
7.
Atur
juga Gir
rantainya, Gir rantai yang depan gunakan Gir ukuran 14 dan Gir belakang gunakan
gir ukuran 35. Dengan keadaan seperti itu otomatis plastik tutup kipas pada
calter kiri tidak bisa dipasang karena silinder kop sudah ditipiskan. Oleh
karena itu dibuka saja kipas dan tutup plastiknya.
8.
Jangan
lupa juga gunakan busi racing, pakailah yang NGK racing, lalu cop busi gunakan
yang TDR racing. Pakai Gas kontan agar tarikan motor lebih spontan.
9.
Jadilah
mesin semi drag seperti tadi, dijamin motor tambah kencang. Jika masih merasa
kurang kencang, gampang tinggal ganti CDI dan COIL saja. Ganti CDI racing yang
BRT (Bintang Racing Team) dan COIL BRT juga.
10.
Yang
lain sperti (ban, body) bisa diganti sesuai dengan keinginan. Dianjurkan kalau
dibuat drag gunakan ban kecil, ban depan ukuran 2.00 dan ban belakang gunakan
ukuran 2.15. gunakan juga arm atau supit super track atau gunakan arm atau
supit milik motor Jupiter maksudanya menggunakan arm atau supit tersebut adalah
motor tidak gampang mengangkat saat melakukan start atau pada saat berjalan.
Karena arm atau supit tersebut lebih panjang daripada arm atau supit standart fiz r.
Mesin tadi juga bisa dibuat harian
Cara Merawat mesin Tune Up agar tetap nyaman
-
Cukup
ganti Oli 1(Satu) bulan sekali, oli samping jangan sampai kehabisan atau telat sampai
turun ke Carburator. Dan gunakanlah pratamax 1 (Satu) Minggu sekali agar
daleman blok mesin slalu bersih.
Anak.e kandeg :D
BalasHapushahahaha :D
BalasHapus